Sabtu, 30 Juli 2016

Konsep Mol dan Stoikiometri


Istilah ''mol'' simbol (n) merupakan istilah yang tidak asing dalam kimia. Apabila kita mengingat ingat kembali pelajaran IPA SMP kita pasti pernah bertemu dengan tujuh besaran pokok dengan satuan internasional. Nah disanalah kita bertemu dengan istilah ''mol''. Jadi mol (n) adalah satuan untuk besaran pokok jumlah zat. Sementara Definisi untuk 1 mol zat = 6,02 x 1023 partikel. Partikel dapat berupa atom, molekul atau dalam bentuk ion.


Konsep mol sangat berperan dalam stoikiometri kimia. Kata stoikiometri berasal dari bahasa Yunani yaitu stoicheon yang artinya unsur dan metron yang berarti mengukur. Seorang ahli Kimia Perancis, Jeremias Benjamin Richter (1762-1807) adalah orang yang pertama kali meletakkan prinsip-prinsip dasar stoikiometri. Menurutnya stoikiometri adalah ilmu tentang pengukuran perbandingan kuantitatif atau pengukuran perbandingan antar unsur kimia yang satu dengan yang lain.
Selanjutnya dalam stoikiometri kita akan dikenalkan dengan beberapa istilah Volume Molar dan
Massa Molar. Mari kita ulas satu persatu dari kedua istilah ini.
1. Volume Molar


Volume molar gas adalah Volume satu mol gas pada keadan standar. Menurut Avogadro, pada suhu dan tekanan yang sama gas-gas bervolume sama mengandung jumlah molekul yang sama pula. Hal itu juga berarti bahwa pada suhu dan tekanan yang sama gas-gas dengan jumlah molekul yang sama akan mempunyai volume yang sama. Pada kondisi tekanan 1 atm (760 mmHg) dan temperatur 0o C (273 K)  disebut sebagai keadaan standar (Standard Temperature and Pressure). banyaknya Volume 1 mol gas adalah 22,4 liter.
2. Massa Molar
Massa Molar adalah Massa (gram ) suatu zat dari satu mol zat itu. Nilai untuk Massa Molar sama dengan nilai Massa atom relatif (Ar) pada atom. Atau nilai Massa molekul relatif (Mr) pada suatu molekul. Yang menjadi pembeda adalah ‘’satuan’’. Untuk massa molar digunakan satuan (gram/mol) sementara untuk Ar atau Mr digunakan satuan amu (atomic mass unit) dalam bahasa indonesia disebut sma (satuan massa atom) yang bisa kita peroleh dalam tabel periodik unsur.


Para ahli kimia menggunakan atom karbon Sebagai atom standar, yaitu atom karbon, C-12 dimana satu mol C-12 terdiri dari  6,02 x 1023 atom dan memiliki massa 12 gram. Hal ini berarti massa molar atom C-12 adalah 12 gram/mol. Jadi nilai ini sama saja dengan nilai Ar C-12. Kemudian Jika kita melihat tabel periodik kita mendapatkan Ar H=1 sma, N =14 sma, dan O =16 sma Berarti massa molar  gas H2 N2 dan O2 berturut turut adalah 2 gr/mol, 28 gram/mol dan 32 gram/mol



3 komentar:

  1. Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

    At least 160k women and men are losing weight with a easy and secret "water hack" to lose 2lbs each and every night while they sleep.

    It is effective and works all the time.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Take a glass and fill it with water half glass

    2) And then learn this weight loss hack

    you'll become 2lbs skinnier the very next day!

    BalasHapus
  2. Did you realize there is a 12 word sentence you can communicate to your partner... that will induce intense feelings of love and instinctual attractiveness to you deep inside his heart?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, idolize and care for you with all his heart...

    12 Words Will Fuel A Man's Desire Response

    This impulse is so built-in to a man's brain that it will drive him to try better than before to build your relationship stronger.

    Matter of fact, fueling this mighty impulse is absolutely binding to having the best ever relationship with your man that as soon as you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will soon find him open his mind and heart for you in a way he never expressed before and he'll distinguish you as the one and only woman in the world who has ever truly fascinated him.

    BalasHapus
  3. As claimed by Stanford Medical, It is really the ONLY reason women in this country live 10 years longer and weigh on average 19 KG lighter than we do.

    (And actually, it really has NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and EVERYTHING related to "how" they eat.)

    BTW, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    Tap this link to uncover if this brief quiz can help you decipher your true weight loss possibility

    BalasHapus